Desain Ruko 2 Sekawan

Desain Ruko

Pada bulan April 2010 yang lalu, Kami menerima telpon dari seorang klien yang pernah ditemui sebelumnya saat kami berada diternate beberapa tahun yang lalu. Klien ini memiliki kesibukan yang luar biasa, terutama di kegiatan bisnisnya, Ia adalah seorang pedagang yang cukup memegang peranan untuk kawasan Indonesia Timur yaitu Kota Ternate. Dalam kesempatan kali ini Ia meminta bantuan kami untuk merancang bangunan Ruko dengan luas lahan 11.7 x 18.5 yang terdiri dari 3 Lantai, dengan 2 lantainya digunakan untuk kegiatan berdagang, sementara dilantai 3 digunakan untuk hunian/rumah tinggal.

Dalam pelaksanaan proyek ini kami sempat mengalami bbrpa kendala yaitu tidak dapat turun langsung ke lokasi karena adanya bbrpa proyek diluar kota yang sedang dalam pembangunan, sehingga kami hanya meminta beliau untuk mengirimkan foto-foto lokasi proyek beserta foto-foto lingkungan sekitarnya. Akhirnya setelah kami menerima foto-foto tersebut, team kami langsung bergerak mengerjakan rancangan bangunan ruko yang beliau inginkan. Menjelang 1 minggu kemudian, kami menghasilkan desain ruko dengan program ruang dan model bangunan sbb :

Deskripsi Desain. Dari hasil desain kami untuk bangunan ruko diatas, dapat anda lihat & menilai bagaimana kami memanage dan mengatur ruang-ruang dengan sedemikian rupa sehingga dapat sinkron antara satu dengan yang lainnya. Ruang-ruang pada denah diatas, kami bagi menjadi 2 bagian/kegiatan yaitu kegiatan retail (Area Publik) & kegiatan Hunian (Area Privat). Disini kami mencoba mengatur ruang-ruangnya agar kegiatan yang berlangsung di lantai retail tidak terganggu oleh kegiatan yang berlangsung lantai hunian. Salah satu alternatif yang kami terapkan adalah dengan membedakan jalur sirkulasi antara kegiatan retail & kegiatan hunian. Kegiatan retail dapat langsung diakses dari arah depan bangunan yang ditandai dengan kata “Welcome”, sementara kegiatan hunian dapat diakses melalui pintu & tangga disamping kiri bangunan. Dengan pemisahan jalur sirkulasi seperti ini, kegiatan retail & kegiatan hunian tidak akan crossing, sehingga kenyamanan pengunjung/konsumen maupun penghuni ruko akan tetap terjaga.

Pada lantai 3, kami khususkan untuk kegiatan hunian. Dimana pada lantai hunian ini Anda juga dapat melihat bagaimana kami memanjakan klien kami dengan ruang-ruang yang sehat, memiliki pencahayaan serta sirkulasi udara yang sangat baik. Luas lahan yang tersedia tidak kami build dengan dinding sepenuhnya, tetapi kami sisakan bbrapa persen untuk ruang hijau, yang berada dilantai 1. Ruang hijau ini adalah ruang yang kami setting untuk pergerakan sirkulasi udara maupun space untuk memasukkan sinar matahari kedalam bangunan, sehingga pada siang hari klien kami dapat menghemat penggunaan energi listrik untuk penerangan maupun AC (air conditioner). Sementara manfaat lainnya pada bangunan adalah dapat mencegah terjadinya kelembaban dalam bangunan.

Special Room. Dimana sih letak ruang special pada bangunan ruko ini? Special Room dalam desain ruko ini kami posisikan pada area Balkon dilantai 3, disana dapat Anda rasakan bagaimana suasana tercipta pada saat sore & malam hari, klien beserta anggota keluarganya dapat bersantai minum kopi dibalkon ini sambil menikmati terbenamnya matahari, sungguh menyenangkan, semua beban kegiatan/pikiran dapat redup dibalkon ini. Inilah salah satu cara kami memberikan solusi kepada klien kami, karena kami merancang tidak hanya mempercantik tampilan bangunan, tetapi juga memperhatikan “Kebutuhan” dari klien-klien kami.

Tampilan Bangunan. Untuk menghasilkan tampilan bangunan yang menarik tidaklah mudah, karena perlu adanya studi bentuk dan juga penyesuain pada denah bangunan. Disini kami mencoba mempelajari & memahami bagaimana desain sebuah bangunan ruko dapat menarik perhatian orang lain untuk mau datang berkunjung. Prinsip dasarnya adalah jika seseorang tertarik untuk memasuki bangunan ruko ini, secara perlahan ia juga akan membeli sesuatu yang ada didalamnya. Biasanya keberadaan sebuah bangunan yang unik & menarik, bisa tersimpan cukup kuat dalam memori seseorang. Oleh karena itu, kami sengaja membuat tampilan bangunan ruko ini semenarik mungkin agar keberadaan ruko ini dapat terekam dimemori setiap pengunjungnya yang datang, karena efek dari tampilan bangunannya yang menarik. Inilah salah satu cara kami mendesain, dimana dalam setiap kegiatan desain untuk bangunan komersil, kami selalu mempelajari & mempertimbangkan bagaimana dampak yang dihasilkan dari hasil desain dengan kegiatan bisnis yang akan diterapkan dalam bangunan, apakah hasil dari desain kami dapat meningkatkan potensi keberhasilan kegiatan bisnis, datar-datar saja, ataukah malah menurun. Kami percaya bahwa segala sesuatu yang ada didunia ini telah ada yang mengaturnya, namun manusia perlu & wajib berusaha, karena Tuhan Yang Maha Esa tidak akan merubah nasib seseorang/suatu kaum kecuali mereka sendiri yang mau berusaha untuk merubahnya. Intinya adalah berusaha & berdoa.

Sekian & Terima Kasih.

ArchIEF Design.

Vice Principal & CEO

Lisno Mustamin, ST.

One thought on “Desain Ruko 2 Sekawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s